4 Pengalaman Mistis (atau mungkin Parno Saja) yang Saya Alami Sepanjang Hidup

Mahkluk tak kasat mata itu ada dan saya percaya keberadaannya, di ajaran agama saya sendiri hal semacam itu juga dianggap Ada, Jin.

Saya lahir dan tumbuh di salah satu desa di Jawa Tengah, desa ini masih banyak sawah, ladang, kebon dan bahkan di banyak titik masih ada Hutan Kecil (Forrest). Banyak saya dengar pengalaman mistis dari lingkungan sekitar teman-teman, tetangga, kearabat di berbagai tempat dan keadaan selama saya hidup di sana.

Namun desa saya juga tidak terlalu pelosok, masih sangat terjangkau dari kota-kota yang dekat dengan fasilitas publik yang lumayan ramai. Dengan Pusat Kota Karanganyar, Jawa Tengah hanya sekitar 11 km atau 15 menit perjalan, ke pusat kota Sukohaharjo juga hanya sekitar 20km-an, pun ke Solo hanya sekitar 25km-an. Jadi bisa dibilang desa saya masih tergolong mudah akses. Masa kecil saya dipenuhi dengan ngebolang ke alam, ke kebon, hutan kecil, sungai, dll. Saya seperti anak desa kebanyakan.

Di daerah saya masih banyak orang yang percaya klenik, tapi keluarga saya termasuk salah satu yang sudah meninggalkan klenik, meskipun mbah dan om saya masih percaya perhitungan Astronomi Jawa, tapi kami tidak menggunakan jimat/dukun, dll. Keluarga kami dapat pengaruh modernisasi dari Muhammadiyah jadi meninggalkan hal-hal klenik, disamping itu adalah dosa yang sangat besar.

Jika dibandingkan dengan kerabat, teman-teman atau tetangga, saya termasuk orang yang paling sedikit mengalami hal-hal mistis, dan termasuk yang paling skeptis (terlepas saya mempercayai hal ghaib itu memang ada).

Cerita yang akan saya bagikan mungkin sangat tidak seram, bahkan bagi sebagian orang akan menganggap ini hanya parno-nya saya saja. Tapi saya sepenuh hati yakin bahwa yang saya alami memang bukan keparnoan semata alias benar-benar layak saya anggap sebagai pengalaman mistis.

1. Sosok Putih Melintas di belakang

Tahun 2005/2006 Waktu itu saya masih SD sekitar kelas 4 atau 5, kelas kami ada mata pelajaran olahraga dan seperti biasa kalau ada kelas olahraga maka seluruh kelas kami akan menuju Lapangan desa yang jaraknya sekitar 700m, di perjalanan itu kami melewati jembatan sungai, ladang dan pemakaman.

Pagi hari sekitar jam 8an kami berjalan bergerombol tapi terpisah, katakanlah ada 4 orang berjalan bersama, kemudian selisih beberapa meter 8 orang menyusul, dan seterusnya.

Ketika melintas pemakaman saya berjalan paling akhir di antara salah satu rombongan dan ketika melewati pemakaman sekitar 20m/30m setelah pemakaman saya melihat (ketika saya menoleh kiri kanan, dst) sosok putih berjalan menyebrang jalan dibelakang saya sangat cepat saya tidak begitu jelas karena kepala saya ngehadap kedepan dan seketika saya reflek lalu menoleh kebelakang, ketika menoleh kebelakang tidak ada apa-apa. Tapi saya yakin betul sosok putih itu melintas.

2. Suara Menangis

Ini adalah pengalaman mistis paling epic yang pernah saya alami seumur hidup. Kejadian ini terjadi ketika saya masih SD (saya lupa mungkin sekitar kelas 5 atau 6)

Jadi rumah saya itu, sebelah timur ada rumah hanya sekitar 10m tapi sebelah barat itu tidak ada rumah yang berbatasan langsung hanya ada kolam, memudian sawah, baru ada rumah setelah 150m. Seperti rumah di desa-desa gitulah, renggang.

Saya kan hanya tinggal bertiga dengan Mbah Putri dan Mbah Kakung karena ditinggal merantau Orang Tua dan adik-adik saya. Waktu itu sekitar ba’da Maghrib, jam 6.30an lah. Kebetulan kedua Mbah saya sedang ada urusan keluar. Saya ditinggal sendiri, karena biasanya memang sering ditinggal sendiri, dan seumur-umur aman-aman saja tidak ada masalah.

Nhah setelah beberapa menit saya ditinggal sendiri saya mendengar sangat sangat sangat jelas suara anak kecil menangis “Heeeu heeeeu heeeu“” awalnya saya aga bertanya-tanya itu suara kambing atau suara anak ya. Tapi setelah mikir saya yakin betul itu adalah suara anak. Suaranya sangat jelas, sampai-sampai saya keluar rumah untuk duduk di pinggir jalan, karena paling tidak kalau di luar rumah ada orang yang kadang lewat.

Setelah beberapa waktu kan saya ingin ke dalam lagi buat nonton TV, akhirnya saya masuk, dan suara itu masih terdengar sangat jelas, saya benar benar merinding sampai akhirnya saya besarkan suara TV berharap tidak menderngar suara itu lagi. Sampai akhirnya suara itu hilang sendirinya sampai kedua Mbah saya pulang.

Saya tidak tahu ada apa di sebelah barat rumah saya, tapi satu hal yang saya tahu, mba Buyut saya meninggal tenggelam di kolam.

Pengalaman ini hanya terjadi seumur hidup saya selama tinggal di sana.

3. Sampah Dibakar

Kejadian ini terjadi sekitar tahun 2011 di rumah saya kamar mandi itu terletak di belakang rumah utama dan bisa dibilang terisolir, kamar mandi tersebut masih terbuat dari gedek/kerjaninan bambu dan pintunya terbuat dari kayu ala-ala yang tidak tertutup rapat.

Waktu itu saya mau Sholat, saya ke kamar mandi buat ambil Wudhu dan setelah selesai ambil wudhu saya mau ke tempat Sholat namun saya melihat di sebelah barat ada sangkrah (sampah daun kering) terbakar, padahal hanya ada 2 orang yang biasanya membakar sampah dan itu adalah Mbah Putri dan Mbah Kakung, namun saya yakin tidak ada orang yang membakar sampah tersebut mengingat keduanya sedang sibuk mengurusi persiapan pernikahan Om saya.

Di saat saya melihat sangkarh itu saya kepapasan dengan Mbah Kakung, kebetulan Embah saya mau ambil wudhu dan saya pun tanya ke embah “Mbah kae sangkrah sing bakar sopo?” (mbah itu sampah yang bakar siapa?) lalu mbah saya keheranan beliau hening sejenak, kemudian beliau bilang “Karepe, malah meneri, wes ben.” (Yaudah malah bagus, biarin).

Karena saya penasaran saya amati apa betul ngga ada orang. Dan setelah beberap waktu saya amati saya yakin betul memang tidak ada orang di sana dan tidak pernah ada orang sejarahnya orang lain iseng membakar sampah di rumah kami selain kedua mbah saya.

4. Pindah Rumah

Setelah sekian tahun sejak 2011 saya belum pernah mengalami hal mistis lagi tapi baru bulan Agustus 2021 kemarin mengalami ini.

Jadi saya kan pindahan dan menyewa sebuah rumah di salah satu perumahan di Cikarang, perumahan ini sebenernya termasuk padat, tapi di samping kiri rumah, rumahnya kosong tidak berpenghuni dan banyak tanaman merambat, di samping kanan ada rumah yang berpenghuni.

Rumah ini sebenernya hanya kosong sekitar 3 bulan menurut tetangga yang saya tanya, meskipun ketika saya tanya pemilik rumah katanya baru kosong sebulan. 2hari sebelum menempati, kami bersih-bersih rumah tersebut selama 2 hari penuh, membersihkan banyak hal, mulai dari lantai kamat mandi. Tidak terjadi apa-apa.

Sampai akhirnya di malam pertama saya tidur ada suara gedok-gedok sangat keras di belakang rumah, beberapa waktu diam namun beberapa waktu ada lagi, kejadian itu berulang beberapa kali. Hingga akhirnya saya menyerah dan memutuskan kembali ke rumah Orang Tua.

Meskipun tetangga bilang itu kucing saya masih saja ketakutan dan memutuskan untuk batal menghuni rumah tersebut dan saya minta uang sewa saya kembali dikurangi 1 bulan padahal rumahnya sudah saya bersihkan. Tidak apa-apa saya ikhlas dan memutuskan pindah.

Kejadian ini mungkin yang paling tidak seram kerena belum jelas apakah itu hal mistis atau benar kata tetangga itu hanya kucing. Namun karena saya sudah terlanjur Parno akhirnya saya menyerah.

Penutup

Saya yakin di luar saya banyak orang punya kisahnya soal hal-hal mistis seperti ini. Sebenernya secara teori mahkluk-mahkluk tersebut tidaklah mengancam nyawa (yang saya alami). Tapi mungkin karena didikan dari kecil disuguhi film-film TV Horror dan juga cerita dari teman-teman makanya hal ini menakutkan bagi saya.

Seperti yang saya katakan di atas, saya sendiri termasuk orang paling skeptis di lingkungan saya, masih ada beberapa hal yang tidak saya ceritakan di sini karena skeptis saya tadi apakah itu adalah hal mistis atau hanya hal lain yang lebih aktual macam suara tikus, angin, dll. Namun 4 cerita tersebut merupakan cerita yang paling saya yakini bahwa itu adalah hal mistis.

Bagaimana denganmu? Apakah kamu punya cerita mistis dalam hidupmu?

Nobody