8 Aplikasi yang Akan Membantu untuk Lebih Produktif

Kalau kamu menjalani banyak kesibukan seperti pekerjaan, pendidikan, maupun bisnis tentu kamu dituntut untuk selalu produktif. Ada banyak aplikasi/layanan yang bisa membantu kita dalam kehidupan sehari-hari dan membanti kita menjadi lebih produktif.

Disini saya akan sedikit berbagi 8 aplikasi/layanan yang bisa membantu untuk lebih produktif.

1. Medium

Medium.com adalah sosial blogging yang dibangun oleh ex. Twitter Evan William. Kenapa Medium ada didaftar nomor 1 tulisan ini? Alasannya sederhana, karena di Medium kamu bisa menemukan tulisan-tulisan daging yang ditulis oleh publisher maupun pengguna personal dari seluruh belahan dunia.

Beberapa diantaranya adalah hackernoon, the Mission, The Startup, My Bridge For Professional, Freecodecamp dan masih banyak lagi. Kemudian juga ada akun personal yang layak untuk diikuti seperti Larry Kim, Yohan Toting, Benjamin P Hardy, lalu masih banyak lagi.

Aplikasi medium juga tersedia untuk android dan iOs dan saya rasa Medium layak untuk menemani menghabiskan waktu maupun baca-baca di transportasi umum sehingga waktu kita bisa lebih berguna menambah isi kepala.

2. Trello

trello.com Sebagian dari kamu mungkin sudah mengenal aplikasi yang satu ini. Trello adalah software yang akan membantumu untuk memanage task-task atau pekerjaan.

Menurut saya Trello adalah aplikasi yang terlalu bagus untuk ukuran aplikasi free, meskipun ada juga versi berbayarnya.

Trello bisa kamu gunakan untuk kolaborasi maupun untuk memanage task pribadi. Trello ini bisa kamu manfaatkan untuk memanage tugas-tugas apa saja yang harus kamu selesaikan.

Saya jadi ingat kata-kata Fikry Fatullah pendiri Kirim.Email yang kurang lebih beliau berkata bahwa Otak itu untuk berfikir bukan untuk menginat. Nhah biarkanlan Trello yang mengingat dan otak kita untuk berpikir.

4. Evernote

Evernote adalah aplikasi untuk mencatat atau menulis. Seperti konsep yang ada di atas biarkanlah Evernote yang menginat dan otak kita untuk berpikir. Kamu bisa mencatat hal-hal penting atau insight-insight yang kamu dapat ke dalam Evernote.

5. Spotify

Spotify merupakan aplikasi layanan Streaming Music Online. Meskipun begitu kamu gak cuma bisa dengerin lagu aja di spotify melainkan juga bisa mendengarkan Murotal dan Podcast yang tentunya sangat baik untuk menutrisi isi kepala. Spotify adalah layanan yang paling saya recomendasikan untuk kamu berlangganan versi berbayarnya.

6. Go-Jek

Jika kamu membaca tulisan ini maka secara default kamu sudah mengenal Go-jek. Jika dulu Go-jek hanya dikenal untuk transportasi saja maka sekarang bisa digunakan untuk banyak Hal seperti mengantar makan yang tentunya akan menghemat waktu kamu untuk keluar cari makan ketika kamu sedang sibuk-sibuknya, Gopay untuk pembayaran cashless, Go-ride nya sendiri yang solutif menghadapi kemacetan terutama kamu yang hidup di Ibu Kota atau kota besar.

7. Google Chrome

Saya lagi berbicara Google Chrome untuk versi Desktop, karena di versi dektop banyak banget extension yang akan membantumu untuk lebih produktif seperti momentum (my fav extension), forest, raindrop, dll.

8. Jenius

Jenius ini merupakan layanan dari Bank BTPN yang merupakan salah satu BUMN yang paling keren saat ini (menurut saya). Kamu bisa melakukan transaksi international tanpa memiliki Credit Card dengan Jenius.

Sebenernya masih banyak apliakasi atau layanan yang membantu kita untuk produktif. Namun begitu daftar diatas hanyalah tools, produktifitas tentu kembali ke diri kita masing-masing.

Pythonistas

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store