Koleksi Resource Mulu, Kapan Bikin-nya?

eberapa tahun lalu ketika baru benar-benar antusias dan mendalami dunia pemrogramman, saya terjebak dalam sebuah situasi dimana saya sibuk mengkoleksi bermacam-macam sumber belajar. Dalam hitungan berbulan-bulan saya punya banyak sumber belajar gratis maupun berbayar namun tidak mampu menghasilkan apa-apa.

Sampai pada suatu titik, saya terpaksa membuat portfolio sangat sederhana dan kalau boleh saya sebutkan dalam bahasa tongkrongan saya istilahkan “karya ampass”. Saya terpaksa mekakukannya karena sehabis resign dari pekerjaan saya sebagai buruh pabrik, harus mendapatkan pekerjaan pertama sebagai developer bagaimanapun caranya karena memang itulah tujuan saya resign. Singkat cerita portfolio ampas tersebut lah yang mengantarkan saya mendapatkan pekerjaan pertama sebagai developer.

Waktu untuk membuat portfolio itu saya lakukan dalam hitungan 2 minggu, belajar sambil membuat dimana waktu itu sumber yang saya pakai adalah buku milik mas Rahmat Awaludin berjudul “Menyelami Framework Laravel”.

Dari pengalaman tersebut saya jadi punya kesimpulan bahwa cara terbaik belajar bagi saya adalah “learning by doing”. Tentu saja dalam bidang pemrogramman cara tersebut adalah dengan membuat aplikasi/software.

Kembali ke judul. Jika saya bisa kembali ke masa lalu dan memberikan nasihat kepada Aji Pratama muda, saya akan menyarankan dia untuk langsung membuat sesuatu ketimbang terlalu banyak mengkoleksi bahan belajar tapi tidak menghasilkan apa-apa.

Namun begitu saya juga tetap percaya bahwa mengumpulkan sumber belajar tetaplah penting dan membaca teori atau konsep juga tetap penting. Meskipun saya baru mampu memahami teori dan konsep setelah saya benar-benar sudah terjun langsung di lapangan. Dan sampai saat ini saya masih terus belajar untuk menjadi lebih baik lagi.

“Jadi, mau perbanyak koleksi sumber belajar atau perbanyak berkarya?”

Pythonistas

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store