Wothless nya kuliah dan kenapa saya tidak menyesal telah memilih jalan ini

Mungkin kita sering mendengar quotes ataupun kata motivasi yang kurang lebih begini “kuliah tidak menjamin kesuksesan”, bagi yang tidak kuliah itu bisa menjadi sedikit penghibur karena memang kenyataannya demikian, bagi yang kuliah pasti mencari quotes tandingan yang biasanya seperti ini “ya emang tapi dengan kuliah menjadikan jalan kita lebih mudah”. Soal pendapat ya setiap orang bebas, yang penting action dan goal yang bisa dicapai.

Saya kuliah sambil kerja, saya termasuk yang percaya bahwa ilmu di kuliah memang hampir gak kepake di industri. Hampir bukan berarti tidak terpakai sama sekali. Saya sendiri bisa bilang begitu karena saya memang terjun di Industri yang bidangnya sesuai dengan jurusan kuliah yang saya ambil.

Meskipun ilmu di kuliah terbilang worthless namun tetap ada kebaikan disana dan saya tidak menyesal telah menjalani kuliah

Penasaran

Kalaupun saya tahu bahwa ilmu di kuliah itu worthless saya akan tetap kuliah karena rasa penasaran. Bukan tentang pelajaran atau ilmu dari setiap mata kuliah namun lebih ke pengalaman yang di dapat, saya adalah orang yang percaya bahwa apa kita lakukan di dunia ini selalu akan memberikan insight tersendiri terhadap hidup kita secara langsung maupun tidak langsung. Saya gak bisa menyesal telah milih jalan ini karena paling tidak menjawab rasa penasaran saya.

Kebanggan keluarga

Sebagai orang yang berasal dari daerah/kampung sudah hal biasa kita merantau untuk mencari kesombongan diri dan seperti itulah kenyataannya. Sebagian besar teman yang saya kenal mengekspresikan kebanggan tersebut dengan membeli moto keren. Karena berasal dari keluarga yang memang dari kecil saya dididik dan dibekali prinsip bahwa pendidikan itu sesuatu yang penting maka alam bawah sadar saya selalu mancari cara untuk mendapatkan pendidikan, dan kuliah tentu saja solusi.

Tujuan yang jelas

Saya tidak tahu apakah saya akan bertahan di bidang ini dan mendapatkan segala kesempatan ini jika saya tidak memiliki tujuan yang jelas yang hanya bisa saya dapat dari kuliah.

Keluarga baru

3 tahun sudah saya jalani kuliah dan alhamdulillah saya dipertemukan dengan orang-orang baik, baik etikanya, baik solidaritasnya, baik agamanya. Saya merasa tidak menyesal memilih kampus karena saya kuliah dengan teman-teman yang agamanya baik. Saya selalu berusaha menjadi lebih baik seperti mereka meskipun saya belum bisa.

Nilai plus melamar kerja

Sebagai developer yang memiliki skill pas-pasan menunjukan bahwa saya sedang kuliah minimal menunjukan bahwa saya orang yang mau belajar. Dan keinginan untuk belajar merupakan mindset nomer 1 dalam dunia IT, saya percaya kesempatan yang saya dapatkan ada karena pengaruh saya kuliah.

Saya tidak menyarankan teman-teman yang berasal dari keluarga biasa-biasa aja dan isi biasa-biasa aja seperti saya untuk kuliah jika membebankan keluarga, namun kuliah sambil kerja bisa jadi solusi, jangan hanya mengincar gelar dan IPK coba pelajari skill praktis agar bisa terjun di dunia industri sebelum lulus kuliah, ini bukan tentang kebanggan namun pengalaman dan persiapan.

Nobody

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store